Site icon beritaapm.com

Baru Meluncur di Indonesia, Honda Civic Type R Kena Recall

JAKARTA, beritaapm.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan generasi terbaru mobil sport All New Honda Civic Type R Kamis, 30 Maret 2023 di Jakarta.

Berselang tiga hari setelah diluncurkan di Indonesia, Honda Amerika mengumumkan penarikan (recall) untuk model anyar Civic Type R tersebut. Pasalnya, sejumlah konsumen mobil sport tersebut mengeluhkan adanya noise yang keluar dari seat atau jok.

Melansir TheDrive.com, berdasarkan hasil analisa Honda hal tersbut disebabkan adanya proses pengelasan yang tidak sempurna pada dudukan jok.

“Karena aktivitas manufaktur yang kurang layak, dudukan jok mobil tidak dilas dengan baik, sehingga memicu suara yang mengganggu, bahkan bisa membuat dudukan jok patah,” demikian bunyi pemberitahuan itu.

Honda menilai, pengelasan yang tidak baik menimbulkan risiko yang berbahaya jika terjadi tabrakan. Hal terburuk, penumpang bisa terlempar keluar kabin.

Sejalan dengan itu, Honda sudah meminta para dealer untuk berhenti menjual All New Honda Civic Type R dan mempersiapkan recall.

Sejauh ini, tidak diperlukan penggantian suku cadang. Para pemilik mobil ini hanya diminta datang ke dealer dan mobil akan diperbaiki gratis.

Recall ini belum tercantum di data National Highway Traffic Safety Administration’s database. The Drive sudah mencoba menghubungi Honda, tetapi tidak ada jawaban.

The Drive menilai, masalah jok menambah panjang daftar keluhan ke mobil ini. Awal Maret 2023, NTHSA membuka investigasi, setelah masuk 145 keluhan soal setir Civic Type R anyar.

All New Honda Civic Type R mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi sebelumnya.

All New Honda Civic Type R berhasil memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang dengan mencatat Lap Time  2 menit 23.120 detik. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang oleh Honda Civic Type R.

All New Honda Civic Type R tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl dan warna terbaru Racing Blue Pearl. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1,399,000,000,- (harga yang tertera adalah harga on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun 2023).

Exit mobile version