Site icon beritaapm.com

Hyundai IONIQ 5 N Kendaraan EV dengan High Performance Resmi Diluncurkan

IONIQ 5 N

Hyundai IONIQ 5N Sebagai Kendaraan EV high performance pertama dari lini Hyundai N Large. (Foto: Ist)

INGGRIS, beritaapm.com – IONIQ 5 N kendaraan listrik high performance Hyundai resmi diluncurkan secara perdana di dunia,  bersamaan Goodwood Festival of Speed 2023 di West Sussex, Inggris.

IONIQ 5 N memadukan platform Electric Global Module Platform (E-GMP) dengan teknologi motorsport Hyundai N menjadikan model ini sebagai mobil EV high-performance.

Mobil ini memiliki kemampuan Corner Rascal, IONIQ 5 N mendapatkan peningkatan struktur body-in-white (BIW) dengan tambahan 42 welding point dan tambahan perekat hingga 2,1 meter.

Motor penggerak dan baterai IONIQ 5 N juga diperkuat sementara subframe depan dan belakang juga ditinggikan untuk mengokohkan sisi mobil.

Integrated drive axles (IDA) yang terinspirasi World Rally Championship dipasang di bagian depan dan belakang mobil serta diperkuat untuk menahan torsi motor elektrik dan dengan roda aluminium 21 inci.

Untuk meningkatkan respons, batang setir IONIQ 5 N sudah diperkokoh. Selain itu, kendaraan ini menampilkan sistem N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering) khusus dengan rasio setir lebih tinggi dan umpan balik torsi yang ditingkatkan.

Selain itu, N Pedal dikembangkan sebagai solusi masalah bobot dan ukuran EV serta mencapai karakteristik respons handling juara yang terlihat di model i20 N WRC.

Peranti lunak cerdas di IONIQ 5 N ini dirancang untuk memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle.

Berbasis teknologi serupa di sistem regenerative braking i-Pedal, N Pedal memprioritaskan cornering cepat dan bertenaga daripada efisiensi daya. Gaya deselerasi menciptakan transfer beban agresif untuk corner entry yang lebih tajam.

Untuk mempertahankan sudut drift, N Drift Optimizer menyeimbangkan berbagai kendali kendaraan sesuai input waktu nyata.

Torque Kick Drift yang terintegrasi memampukan pengemudi menyimulasikan clutch kick action seperti kendaraan rear-wheel-driven ICE untuk skenario berkendara yang membutuhkan inisiasi drift yang lebih cepat.

Lalu, N Torque Distribution memastikan distribusi torsi depan dan belakang yang bisa disesuaikan hingga 11 tingkat.

Electronic limited slip differential (E-LSD) di as roda belakang meningkatkan performa dan kendali cornering. Sensor roda tambahan serta peningkatan kapasitas peredaman dengan ukuran peredam yang lebih luas menambah performa suspensi yang dikendalikan secara elektronik.

berbeda dari IONIQ 5 biasa, IONIQ 5 N telah dilakukan berbagai peningkatan teknis untuk memastikan performa yang andal.

Motor elektriknya mampu berpacu hingga 21.000 RPM, menghasilkan 478 kW/650 PS dengan N Grin Boost. Ini dihasilkan dari inverter two-stage dengan peningkatan efisiensi daya untuk output daya yang lebih kuat dari baterai 84 kWh.

Berbagai fitur eksklusif lain ikut membantu performa balap IONIQ 5 N. N Grin Boost meningkatkan akselerasi dengan 10 detik tambahan daya dan N Launch Control menyediakan daya tarik tiga tingkat untuk starter tercepat sehingga pengemudi bisa memacu IONIQ 5 N layaknya mobil balap profesional.

Sistem manajemen termal mutakhir ditambah area pendinginan yang lebih luas memperbaiki motor oil cooler dan battery chiller IONIQ 5 N.

Radiator independen pada baterai dan motor memaksimalkan ketahanan IONIQ 5 N terhadap penurunan performa sebelum maupun sesudah berpacu di lintasan balap yang intens.

Selain IONIQ 5 N yang menjadi pusat perhatian yang muncul perdana di Goodwood Festival of Speed 2023. Hyundai N juga memamerkan berbagai lini produknya, termasuk i20 N WRC, N Vision 74, RN22e, dan IONIQ 5 N.

Exit mobile version